Jika Anda sadar akan kebutuhan latihan kardio tetapi tidak menyukai olahraga lari atau bersepeda, tidak masalah.

Perlu diketahui ada banyak alternatif cara lain agar Anda bisa tetap melatih kardio.

Berikut 15 solusi latihan kardio yang dapat menjadi jalan keluar buat Anda yang tidak suka berlari atau bersepeda seperti dilansir Kompas.com:

6. Skaters

Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul dan lutut sedikit menekuk. Lompat ke kanan dengan kaki kanan, mendarat ringan pada tumit kaki kanan dan ayunkan kaki kiri di belakang kaki kanan.

Jangan menumpu berat badan pada kaki kiri jika kamu mampu melakukannya. Segera melompat ke kiri dengan kaki kiri, yang memungkinkan kaki kanan untuk “terseret” ke belakang kaki kiri.

7. Mountain Climber Twist

Mulai dari posisi plank tinggi (kaki teregang lurus di atas tanah, kedua tangan bertumpu tanah juga teregang lurus) sambil mengencangkan otot perut.

Tekuk lutut kiri dan silangkan ke arah kanan dalam tubuh (posisi kaki seperti berlari) menghampiri siku kanan. Kemudian berganti posisi, silangkan lutut kanan ke arah kiri dalam tubuh. Lakukan bergantian secepat mungkin tanpa mengangkat pinggul.

8. Long Jump With Jog Back

Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul dan lutut sedikit menekuk. Ayunkan kedua lengan ke belakang dan tekukkan sedikit lebih dalam, kemudian ayunkan lengan ke depan sambil melompat sejauh mungkin dengan kedua kaki, mendarat lembut bertumpu pada tumit.

Sekarang, jogging mundur secepat mungkin ke posisi awal dan ulangi.

9. Jumping Lunges

Dengan dada dan dagu terangkat dan otot perut kencang, ambil langkah besar ke depan dengan kaki kanan.

Benamkan tubuh atas lurus ke bawah sehingga lutut kanan depan berada pas sejajar di atas sepatu dan lutut kiri “melayang” di udara menghadap ke arah lantai; kini posisi masing-masing lutut tertekuk 90 derajat.

Sekarang melompat, ganti kaki di tengah lompatan sehingga mendarat dengan kaki kiri di depan kaki kanan dan segera benamkan tubuh lebih rendah kembali ke posisi lunge awal.

10. Inchworm

Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul dan otot perut kencang. Bungkukkan tubuh dari pinggang, dan rangkakkan tangan berjalan ke depan.

Jaga kaki tetap lurus. Saat tiba di posisi plank tinggi, cepat-cepat rangkakkan kaki berjalan kembali ke arah kaki dan berdiri.

Tingkatkan intensitasnya dengan melakukan pushup saat dalam posisi plank.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *