“Nothing compares to the simple pleasure of a bike ride.”

-John F Kennedy.

Sepeda memiliki banyak penggemar. Apakah kamu penggemar sepeda? Bersepeda memang olahraga yang menyenangkan, karena selain menyehatkan juga bisa dijadikan untuk sarana rekreasi. Dengan bersepeda, kita bisa melihat-lihat pemandangan sekitar. Sepeda juga salah satu pilihan sarana transporasi, dari sekadar ke minimarket terdekat hingga pergi ke tempat kerja.

Untuk yang menggemari bersepeda, ada beberapa fakta menarik seputar manfaat yang bisa didapatkan dengan bersepeda. Boleh dicatat dari sekarang!

#1 Bersepeda meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

Karena bersepeda membuat kita keluar, melepaskan stress, dan secara umum membuat anda merasa lebih baik dalam menjalani kehidupan.

#2 Bersepeda menurunkan berat badan.

Rata-rata seseorang yang bersepeda dapat mengurangi berat badan sekitar 5,8kg di tahun pertama mereka bersepeda. (Sumber: Outdoor Foundation 2010)

#3 Bersepeda meningkatkan kreatifitas.

Sebuah studi menemukan bahwa dengan melakukan 25 menit latihan aerobik seperti bersepeda mampu meningkatkan kreatifitas berpikir.

#4 Bersepeda meningkatkan kekebalan tubuh.

Berdasarkan Chief Dietician Rumah Sakit St. George di London, latihan bersepeda dengan frekuensi moderat sekitar 30 menit setiap harinya dapat mengaktifkan imun sel dan mampu mengurangi infeksi.

Wanita berdiri dengan memegang sepeda pink. (Photo Credit: pexels.com)

#5 Bersepeda meningkatkan perasaan bahagia.

Setelah melakukan aktifitas bersepeda, biasanya akan merasakan euforia dan hal ini telah dibuktikan dengan adanya hubungan secara langsung antara perasaan “merasa sehat” dan latihan yang dilakukan.

#6 Bersepeda mengurangi resiko terkena kanker.

Sebuah studi panjang telah dilakukan oleh peneliti dari Finlandia dan mereka menemukan bahwa mereka yang bersepeda sekitar 30 menit setiap harinya mampu mengurangi kemungkinan terkena kanker sampai dengan setengahnya dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda.

#7 Bersepeda membuat tubuh lebih sehat.

Berdasarkan penelitian dari University of North Carolina, seseorang yang bersepeda selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, memiliki “sick days” hampir setengahnya daripada mereka yang tidak melakukan olahraga apapun.

#8 Bersepeda mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

The British Heart Foundation mengungkapkan data yang mengatakan bahwa sekitar 1,000 serangan jantung yang fatal dapat dihindari setiap tahunnya apabila setiap orang lebih peduli dengan kebugaran dan kesehatan mereka. Bersepeda sekitar 30km setiap minggunya mampu mengurangi penyakit jantung sampai dengan setengahnya dibandingan dengan mereka yang tidak melakukan latihan apapun.

#9 Bersepeda meningkatkan kualitas bekerja.

Studi terhadap 200 orang yang dilakukan oleh University of Bristol menghasilkan bahwa karyawan yang melakukan latihan sebelum bekerja atau pada saat istirahat siang dapat meningkatkan manajemen waktu dan efektifitas bekerja, dan ini juga meningkatkan motivasi dan kemampuan untuk mengelola stres.

Sepeda balap hitam bersandar pada drum abu-bau. (Photo Credit: pexels.com)

#10 Bersepeda menjadi lebih hemat.

Bersepeda ke kantor terbukti dapat mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan setiap harinya. Biaya maintenance sepeda terbukti 20 kali lebih rendah dibandingkan dengan mobil.

#11 Bersepeda menghemat lahan parkir.

Jika dibandingkan mobil, sepeda tentu tidak menghabiskan tempat di tempat parkir. 42 buah Sepeda lipat model Brompton atau 20 buah sepeda ukuran standar memakan lahan parkir yang sama dengan 1 buah mobil, yang artinya apabila setiap karyawan bersepeda ke kantornya, dapat menghemat lahan parkir.

Bersepeda memang olahraga yang menyenangkan. Bagi yang belum memilikinya, sepertinya wajib dimasukkan ke bucket wish-list tahun ini. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *