Ingin mencoba olahraga triathlon tapi bingung apa saja yang harus disiapkan? Kali ini saya akan membahas soal persiapan triathlon untuk newbie. Kebetulan saya juga baru ingin menjajal olahraga ini.

Triathlon ada olahraga yang terdiri dari tiga disiplin, yaitu renang, sepeda, dan lari. Karena terdiri dari beberapa macam olahraga, maka persiapannya pun tidak sesimpel olahraga tunggal.

Triathlon Buddies atau dikenal juga dengan Tribuddies kembali mengadakan ajang lomba Mini Triathlon (Minitri) di tahun ini. Untuk kamu yang ingin mencoba race triathlon baik dalam negeri ataupun luar negeri sangat tepat untuk mengikuti ajang Minitri ini.

Mini Triathlon (Minitri) diadakan tanggal 28 Januari mendatang di The Spring Club, Summarecon Serpong. Pada ajang Minitri nanti, peserta akan berenang sejauh 400 m, bersepeda sejauh 22 km, dan berlari sejauh 5 km.

Karena terdiri dari beberapa cabang, ada beberapa ketentuan yang mungkin belum dipahami oleh yang baru mencoba race di jenis ini. Seminggu sebelum hari H, Tribuddies menggelar simulasi race agar peserta lebih siap mengahadapi race sebenarnya. Simulasi ini dilakukan dengan jarak setengahnya dari event yang berlangsung pada minggu nanti.

Riyo Hanggoro dan Narita Diyan dari Triathlon Buddies bersama para peserta simulasi Minitri (Foto: Triathlon Buddies)

Ajang lomba Minitri ini memang digelar oleh Tribuddies untuk yang ingin menjajal dunia triathlon. Pada acara simulasi, Narita Diyan dan Riyo Hanggoro dari Tribuddies memberi pengarahan soal persiapan dan aturan kepada peserta simulasi Minitri. Buat kamu yang masih bingung bagaimana step-by-step lomba triathlon ini, boleh simak tips dari Riyo Hanggoro sebagai berikut:

TAHAP PERSIAPAN

Semalam sebelum lomba peralatan lomba sudah disiapkan dengan rapi. Jika ada yang tertinggal, maka kamu beresiko untuk batal mengikuti race. Perhatikan juga perlengkapan wajib dan tidak wajib yang bisa kamu bawa. Yang wajib berada diurutan paling atas, sisanya adalah perlengkapan tambahan yang memang dirasakan dibutuhkan.

Membaca Booklet Race Guide

Seperti pada event olahraga tunggal, dalam event triathlon juga terdapat berbagai aturan dan ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara. Baca baik-baik buklet yang dibagikan panitia. Pelajari course dan regulasi lomba agar saat acara tidak kehilangan informasi.

Jangan menyepelekan aturan lo jika tidak ingin didiskualifikasi! Peraturan juga biasanya dibuat oleh panitia untuk keselamatan tiap peserta dan acara berlangsung dengan tertib.

Selain itu juga perhatikan dengan jelas jadwal lomba. Jika tidak ingin terlambat, sebaiknya memasang alarm dengan perhitungan 2 jam sebelum sampai lokasi. Tentunya setiap peserta akan memiliki waktu yang berbeda, tergantung jarak dengan lokasi. Pada Minitri nanti, registrasi sudah dibuka dari pukul 4.30 pagi. Pukul 5.00 area sudah bersih dari laju kendaraan.

Check List Perlengkapan

Jangan lupa check list seluruh perlengkapan triathlon seperti gear, triathlon suits atau dikenal dengan sebutan tri suits, hingga nutrisi yang akan dibawa. Goggles dan swim cap adalah perlengkapan wajib untuk berenang.

Tri suits adalah pakaian yang mengakimodir kebutuhkan olahraga ini (berenang, bersepeda, dan berlari). Jika sudah memakai trisuit, peserta tidak perlu harus berganti pakaian saat transisi sehingga dapat menghemat waktu.

Dalam lomba triathlon, peserta hanya boleh memakai swim cap yang diberikan oleh panitia. Sedangkan untuk goggles, sebaiknya membawa 2. Apabila saat race day tiba-tiba goggle yang akan kita pakai mengalami kerusakan, maka ada cadangan untuk menggantikannya.

Untuk nutrisi, peserta boleh membawa makanan dan minuman sendiri saat transisi. Disarankan yang praktis dan sudah cocok dengan tubuh kita. Energy gel, kurma, dan madu bisa menjadi pilihan. Untuk botol minum sebaiknya membawa dua, satu botol untuk disimpan di sepeda dan satu botol lagi untuk diletakkan di transisi area.

Untuk sepatu, kamu bisa membawa sepatu untuk sepeda dan untuk lari. Dalam Minitri, peserta boleh langsung memakai sepatu lari karena jarak yang ditempuh untuk bersepeda tidak terlalu jauh. Trik ini juga dapat menghemat waktu transisi. Tetapi jika kamu lebih nyaman memakai sepatu cleat untuk bersepeda, silakan memakainya! Kuncinya adalah memakai sesuatu yang membuat diri kamu nyaman saat lomba.

Helmet dan sepeda ini juga sangat penting. Bayangkan jika kamu harus bersepeda tapi tidak ada sepedanya? Helmet ini wajib dipakai demi keselematan kamu juga saat bersepeda.

Jika terbiasa memakai earphone, silakan tinggalkan saja dirumah karena dalam ajang lomba triathlon tidak memperbolehkan memakai alat ini. Hal ini terkait kepada keselamatan peserta.

Jadi daripada memikirikan untuk membawa earphone, lebih baik fokus pada handuk. Bagaimana bisa mengeringkan badan usai berenang tanpa handuk, kan? Peserta disarankan membawa 2 buah handuk agar satu handuk bisa dipakai untuk mengeringkan badan dan satu lagi sebagai keset untuk mengeringkan kaki.

Ada satu lagi yang paling penting: Nomor BIB.

Sebaiknya BIB langsung dipasang di race belt yang akan dipakai saat lomba. Untuk tato BIB, disarankan untuk dipakai dari malam sebelum lomba. Tato BIB ini sudah tahan air jadi tidak akan luntur saat mandi. Tato BIB jangan sampai tertutup tri suit, ya! Sebaiknya memasang tato BIB di area kulit yang terlihat.

Packing

Setelah semua perlengkapan disiapkan dan dipastikan lengkap, maka siap untuk dimasukkan ke dalam transition bag. Tas ini berisi semua perlengkapan yang akan dipakai sepanjang lomba dan nantinya diletakkan di tempat transisi.

Untuk menghindari resiko tertinggal, sebaiknya masukkan seluruh perlengkapan dari malam sebelum lomba. Jangan lupa untuk meletakkan sepeda dan helmetnya di dalam kendaraan. Kecuali jika kamu datang ke lokasi dengan sepeda.

HARI LOMBA

Jangan lupa untuk menyalakan alarm lebih pagi! Jika biasanya mengikuti lomba lari hanya membawa sepatu di kaki dan nomor BIB di dada, untuk triathlon ini banyak gear yang dibawa dan disusun di venue. Jadi baca jelas-jelas informasi yang diberikan oleh panitia, termasuk kapan terakhir kali kendaraan kita  bisa memasuki area lomba.

Nutrisi

Untuk mengikuti lomba triathlon sebaiknya mengisi perut dahulu sebagai bahan bakar lomba. Makan secukupnya dan jangan sampai terlalu kenyang. Perut yang terlalu penuh membuat tidak nyaman. Jika ingin kembali menambah asupan kalori bisa dilakukan saat transisi (T1 dan T2).

Check In

Setting –  semua perlengkapan tersusun dengan baik di area transisi. Penyusunan yang baik diperlukan agar kamu tidak banyak membuang waktu untuk mencari-cari sesuatu yang ingin dipakai.

Pastikan segala sesuatunya mudah terlihat. Jadi sebaiknya meletakkan helmet di atas sepeda sehingga sebelum mambawa sepeda, helmet kita sudah terpasang di kepala.

Transition area (Foto: Triathlon Buddies)

Cara meletakkan perlengkapan harus mempermudah T1 dan T2. Sebagai gambaran, saya urutan lomba triathlon sebagai berikut:

  1. Swim leg
  2. T1 (Transisi 1 peralihan dari renang ke sepeda)
  3. Bike Leg
  4. T2 (Transisi 2 peralihan dari sepeda ke lari)
  5. Run Leg
  6. Finish

Tips tambahan untuk kamu! Silakan menggantungkan handuk warna cerah dan berbeda di atas rak sepeda kamu. Bertujuan untuk menghindari kebingungan mencari sepeda saat transisi nanti. Jadi kamu sudah bisa melihatnya dari kejauhan.

Sebelum meletakkan semua perlengkapan, sebaiknya di-alasi plastik agar lebih aman dari basah dan kotor saat hujan. Meletakkannya pun harus rapi dan tidak mengganggu peserta lain saat transisi.

Sesi Swim Leg

Seperti yang sudah tertulis di atas, swim cap dan goggles wajib dipakai saat sesi renang. Untuk menghindari resiko tertinggal, maka sebaiknya swim cap sudah terpasang di kepala dan goggles sudah tergantung di leher atau di kepala saat menuju area kolam.

Pengarahan untuk peserta Minitri dari Sonny Kaunang (Foto: Thiathlon Buddies)

Jangan lupa untuk mengecek goggle yang akan dipakai. Jika terjadi kondisi patah atau talinya putus, kamu bisa langsung menukar dengan goggles cadangan yang sudah dibawa.

Simulasi Mini Triathlon (Foto: Triathlon Buddies)

Biasanya urutan yang masuk ke dalam air berdasarkan waktunya. Untuk perenang cepat (menempuh 100m dalam sub 2.30 menit) akan berada di baris depan dan yang lebih lambat di belakangnya.

Ada beberapa larangan untuk lomba triathlon ini, yaitu jump start, flip turn, dan free diving. Jika kamu ingin mendahului peserta lain, maka ambil jalur yang paling kanan. Untuk ajang Minitri di hari minggu mendatang, peserta turun ke air setiap 2 orang. Selisih waktu turun dengan peserta di belakang hanya dalam hitungan detik.

Usahakan disiplin dengan pace masing-masing saat berenang dan tidak terbawa pace peserta lain.. Kunci dalam renang adalah tetap tenang agar tetap bisa fokus dan kontrol.

Sesi T1

Usai sesi berenang silakan masuk ke dalam area transisi untuk mengeringkan badan. Setelah itu kamu bisa memakai perlengkapan bersepeda.

Perlemgkapan di mulai dari atas ke bawah: helmet (wajib) – kacamata (bila ada) – race belt (bib number) – baju sepeda (bila ada) – sarung tangan (bila ada) – nomor bib (wajib) – sepatu sepeda (bila ada, jika tidak ada langsung memakai sepatu lari). Setelah semua perlengkapan dipakai baru menurunkan sepeda dari rak.

Saat transisi juga bisa dimanfaatkan untuk minum dan makan yang sudah kita siapkan di transisi area. Waktu tetap berjalan jadi jangan membuang banyak waktu untuk ini. Buat seringkas mungkin.

Sepeda harus dituntun ke luar area transisi sampai ada di area Mount/Dismount. Peserta hanya boleh menaiki sepeda saat di jalur lomba. Saat lomba, akan ada marshall yang akan memberi petunjuk.

Sesi Bike Leg

Setelah sudah berada di jalur lomba, silakan menaiki sepeda. Aturan dalam bersepeda ini adalah tidak boleh menyalip peserta lain dari sisi kiri. Hal ini akan membahayakan diri sendiri dan peserta lain.

Sesi Bike Leg (Foto: Triathlon Buddies)

Jika ingin menyalip dari sisi kanan tapi terhalang oleh peserta depan, maka peserta bisa menyerukan “Bike on your right!”. Ini adalah kode bahwa kita meminta peserta lain untuk lebih ke arah kiri untuk didahului.

Untuk ajang Mini Triathlon, kamu diharuskan menghitung jumlah loop. Sebaiknya tetap menghitung berapa jarak dan jumlah putaran yang sudah ditempuh.

Sesi T2

Saat sudah selesai bersepeda, kamu harus bersiap-siap untuk kembali ke area transisi. Ingat, ya! Sepeda harus dituntun hingga kembali ke dalam rak. Jadi saat putaran terakhirs elesai, kamu bersiap untuk turun dari sepeda (dismount) di area Mount/Dismount.

Jangan lupa meletakkan kembali helmet dan semua perlengkapan bersepeda yang tidak diperlukan untuk berlari. Saat transisi, peserta bisa kembali menambah nutrisi untuk mendapat energi tambahan saat berlari.

Sesi Run Leg

Setelah meletakkan kembali sepeda dan perlengkapannya, segera kembali ke jalur lomba untuk melanjutkan sesi terakhir: berlari. Ikuti rute petunjuk yang diberikan dari panitia.

Sesi Run Leg pada simulasi Minitri (Foto: Triathloin Buddies)

Triathlon adalah olahraga endurance, jadi sebaiknya kiat menyiapkan mental dan fisik sebelum mengikuti race. Buat  strategi nutrisi agar dapat menjalani lomba dengan stamina yang baik. Sebaiknya melakukan program latihan sebelumnya.

Yang terakhir, nikmati setiap proses sesuai kemampuan masing-masing. Jadikan race triathlon pertama kamu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Enjoy the race and have fun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *