Bugaraga – Latihan Marathon akan mengerahkan seluruh energi dalam tubuh kamu. Apalagi jika kamu belum pernah ikut marathon sebelumnya, kamu akan menghadapi medan yang berat untuk menyelesaikan marathon ini. Sebelum Marathon dimulai, biasanya kamu akan latihan setiap minggunya secara bertahap hingga hari H. Iya kan?

Latihan yang instens pastinya memerlukan makanan yang sehat, kan? Tak perlu bingung, kamu bisa mencoba makan makanan ini agar tenagamu terisi kembali.

  1. Pisang

 

Tingginya potassium pada pisang berguna untuk meningkatkan energi ketika berlari. Buah pisang bisa dengan mudah kita kupas dan dimasukkan kedalam tas lari sebagai pengisi perut disaat lapar menyerang. Buah ini baik untuk dikonsumsi sebelum lari karena mengandung karbohidrat tinggi.

  1. Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang tinggi serat. Alpukat akan sempurna dimakan dengan roti bakar setelah lari pagi, karena alpukat mengandung lemak tak jenuh cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membakar lemak ketika berolahraga.

  1. Aneka sayuran hijau

Kamu bisa memilih bayam, salada, atau sesuatu yang bisa kamu jadikan salad ataupun di tumis. Sayuran hijau ini dipenuhi nutrisi seperti kalsium dan asam folat tapi sangat rendah kalori.

  1. Berries

Strawberry, blueberry, raspberry penuh dengan antioksidan yang melawan peradangan otot dan memperbaikinya. Makanan manis ini bisa kamu makan langsung, dibuat jus, smoothie ataupun dimakan dengan yogurt.

  1. Kurma

Kurma rasanya manis dan kaya akan potassium, serat dan zat besi alami. Kurma bisa kamu jadikan buah alternatif pengganti energy bar lho. Tinggal dimasukkan kedalam tas pinggang dan bisa kamu makan ketika lapar menyerang.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang tinggi akan kalium. Kamu akan mendapatkan serat yang cukup jika memakan jeruk utuh atau dibuat jus juga bisa, itu akan terasa menyegarkan! Latihan marathon setiap pagi akan membuatmu terhidrasi, jeruk bisa membuat tekanan darahmu teteap normal setalah melakukan latihan.

  1. Telur

Telur tak hanya mudah didapatkan namun juga kaya akan protein. Kamu bisa membuat telur rebus atau pun telur mata sapi kapanpun kamu mau agar nutrisimu bertambah. Telur yang kaya asam amino akan  membantu kerja otot agar optimal hingga kita selesai berolahraga

  1. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, salmon bisa menambah energimu ketika melakukan latihan marathon. Makanan sehat yang baik untuk kesehatan ini bisa kamu panggang maupun digoreng lho.

  1. Tuna

Tuna tidak memiliki omega-3 sebanyak salmon, tapi harganya jauh lebih murah dan mudah disiapkan. Jika tidak ada salmon di list belanjaanmu, kamu bisa membeli tuna karena harganya yang jauh lebih cocok di kantong.

  1. Oat

Oatmeal ini mudah disiapkan baik diseduh maupun dijadikan Overnight oat. Sarapan sempurna di pagi hari bagi para pelari. Oatmeal dapat memberikan banyak karbohidrat dan serat yang tinggi. Oatmeal bisa menjadi energi untuk jangka waktu yang lama dan kamupun bisa kenyang lebih lama. Apa kamu sudah mencoba sarapan dengan oatmeal ini?

 

Agar tetap berenergi sepanjang latihan Marathon, kamu membutuhkan campuran karbohidrat, protein dan lemak. Oleh sebab itu kamu perlu mempertimbangkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, karena makanan yang tepat akan meningkatkan kinerja tubuh ketika olahraga. Setuju?

 

 

Anisa Febriandany
A writer who's trying to lead a healthy life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *