Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan berolahraga. Jogging atau lari santai menjadi pilihan favorit.

Jogging bisa dilakukan di beberapa waktu. Ada yang melakukan jogging pada pagi hari, siang, sore atau malam hari.

Akan tetapi, waktu yang paling banyak dipilih untuk melaksanakan lari adalah pagi hari. PAsalnya, udara masih belum terlalu panas dan juga masih segar.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari jogging pagi hari. Berlari 20-30 menit setiap pada waktu tersebut memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan.

Berikut 10 keuntungan lari di pagi hari yang perlu anda ketahui:

5. Kualitas tidur menjadi lebih baik
Sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan beberapa penderita insomnia melakukan kegiatan rutin jogging setiap pagi memperoleh hasil yang menggembirakan.

Para penderita insomnia tersebut dapat mengobati insomnia yang diderita dengan meningkatkan waktu tidurnya 17 menit lebih cepat dari rutinitas biasanya.

Tidur yang mereka alami juga terasa lebih nyenyak dan tubuh terasa segar di pagi hari.

6. Meningkatkan konsentrasi
Beberapa pakar berpendapat bahwa jogging dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan daya pikir. Jongging juga membuat seseorang lebih mudah untuk berkonsentrasi.

7. Mencegah penyakit kanker usus
British Journal Of Cancer dalam studi terbarunya menemukan bahwa dengan lari pagi 5-6 jam seminggu akan mengurangi resiko terkena kanker usus besar hingga 24%. Hal ini disebabkan ketika anda lari pagi, gerakan yang di lakukan akan memberikan kontraksi pada usus kita yang baik bagi organ usus besar tersebut.

8. Mencerahkan kulit
Jogging telah terbukti dapat membuat kulit lebih cerah. Bagaimana bisa?

Hal ini karena jogging dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga sel-sel kulit dapat terbaharui.

9. Tulang kaki menjadi lebih kuat
Lari pagi juga dapat merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang kaki kita. Ketika anda memiliki aktivitas dengan mobilitas yang tinggi, anda harus memiliki tulang kaki yang kuat.

Ketika lari, tulang kaki menjadi tumpuan dan terlatih untuk menjadi kuat.

10. Menyehatkan paru-paru

Ketika lari pagi, kadar oksigen yang masuk melalui paru-paru akan lebih banyak. Masuknya oksigen dalam tubuh ini sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Belum lagi udara pagi yang bersih akan semakin menyegarkan paru-paru anda.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *